Klasifikasi media pembelajaran. Media
pembelajaran diklasifikasi berdasarkan
tujuan
pemakaian dan karakteristik jenis media. Terdapat lima model klasifikasi, yaitu
menurut: (1) Wilbur Schramm, (2) Gagne, (3) Allen, (4) Gerlach dan Ely, dan (5)Ibrahim. Menurut
Schramm, media digolongkan menjadi media rumit, mahal, dan media sederhana.
Schramm juga mengelompokkan media menurut kemampuan daya liputan, yaitu
(1) liputan luas dan serentak seperti TV, radio, dan facsimile; (2) liputan
terbatas pada
ruangan, seperti film, video, slide, poster audio tape; (3) media untuk belajar individual,
seperti buku, modul, program belajar dengan komputer dam telpon. Menurut
Gagne, media diklasifikasi menjadi tujuh kelompok, yaitu benda untuk didemonstrasikan,
komunikasi lisan, media cetak, gambar diam, gambar bergerak, film bersuara,
dan mesin belajar. Ketujuh kelompok media pembelajaran tersebut dikaitkan dengan
kemampuannya memenuhi fungsi menurut hirarki belajar yang dikembangkan, yaitu
pelontar stimulus belajar, penarik minat belajar, contoh prilaku belajar,
memberi kondisi
eksternal, menuntun cara berpikir, memasukkan alih ilmu, menilai prestasi, dan pemberi
umpan balik.